Buta Warna Parsial, Kini Ada Solusinya…!

Sunday, September 17th 2017. | BUTA WARNA PARSIAL

buta-warna-parsialBagi anda yang buta warna parsial dan memiliki problem sering gagal tes membaca buku ishihara, sepertinya anda harus membaca ini. Ada sebuah kabar baik yang insyaa Allah bisa melipur lara para orang buta warna. Nah, di seberang sana ada seorang siswa SMA bernama Syarif Muhammad Nur Taufiq dan Nurul Anisa, yaitu siswa SMA Negeri 4 Pontianak, Kalimantan Barat yang menjadi pemenang dalam Lomba karya Ilmiah National Young Inventors Award (NYIA) ke-7 tahun 2014 yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pasangan ini meraih yang terbaik dengan judul karya “Lens_RG: Lensa Kontak Bagi Penderita Buta Warna Parsial Merah-Hijau”. Nah, penasaran kan?

Syarif sangat ingin membantu seseorang yang buta warna, keinginan ini berawal dari dua kakak kelasnya. Kedua kakak kelasnya yang kena buta warna parsial merasa ketakutan tersendiri jika nanti akan menjalani tes masuk perguruan tinggi. Karena ada beberapa jurusan di perguruan tinggi yang mengharuskan tes buta warna atau tes membaca buku ishihara sebelum nantinya dinyatakan diterima. Nah, dari kejadian yang dialami kedua kakak kelasnya itulah kemudian dia berdiskusi dengan seorang ilmuwan dari Rumania, hanya sekedar mencari solusi buta warna.

Penyebab Buta Warna

Syarief menjelaskan bahwa kakak kelasnya belum atau apa penyebab buta warna yang mereka alami. Mereka juga belum mengetahui kemana harus mencari pengobatan buta warna. Yang dia tau hanyalah, saat tes ishihara, kakak kelas tersebut tidak bisa membaca angka 5 yang tertera pada buku buta warna. Angka 5 tersebut terbaca sebagai angka 2. Melihat kakak kelasnya mengalami buta warna merah-hijau, Syarif lalu berkonsultasi dan melakukan pencarian litelatur di Internet. Akhirnya dia menemukan kaca mata entroma yang dapat meningkatkan gradasi warna, tapi di Indonesia tidak ada. Syarief pun berpikir bagaimana cara membuatnya dengan sederhana. Akhinya dia memodifikasi lensa biasa yang dijual di optik atau klinik mata dengan larutan pigmen batang tanaman Secang.

”Kita temukan dulu batang Secang, kemudian kita mix pada blender. Nah ekstraknya itulah yang harus kita ambil untuk melapisi lensa kontak. Lapisan inilah yang bisa membuat mata menjadi lebih peka pada warna. Yang seperti itu, kemungkinan besar bisa mengatasi buta warna. Kan yang terjadi pada orang buta warna itu, mereka mengalami penurunan kualitas kepekaan terhadap warna, nah itu yang ditingkatkan dengan lensa ini.

Syarief kemudian merendam 24 jam lensa dari hasil blender batang secang yang telah disentifikasi atau masa perendaman. Pada masa setelah itu, lensa yang tadinya direndam akan memunculkan warna merah yang berfungsi menaikkan gradasi pada penderita buta warna parsial.

Syarief dan rekannya tentunya tak membuat lensa kontak dari awal. Lensa kontak yang dijual di optik diberikan ekstrak cairan Secang yang berwarna merah. Setelah itu, lensa kontak tersebut direndam dalam cairan ekstrak selama 24 jam. Usai menjalani perendaman lebih dari 24 jam, maka lensa tersebut akan berwarna agak kemerah – merahan. Dan inilah yang membantu kepekaan syaraf mata terhadap warna.

Proses pembuatan ekstraknya pun mudah. Kayu secang yang sudah agak tua diambil dan ditumbuk hingga halus. Setelah itu, serbuk kayu secang diblender dan disaring hingga keluar ekstraknya yang berwarna kemerahan.

Hanya saja, lensa buatan Syarief ini memiliki kekurangan. Yaitu penggunaannya tidak tahan lama. Karena larutan Secang akan segera luntur jika dipakai lebih dari 8 jam. Oleh karena itu, masih butuh penelitian le bih lanjut agar lensa ini bisa digunakan seumur hidup.

“Dengan menggunakan lensa temuan kami, seseorang memang tetap bisa membedakan warna hijau dan merah. Namun tetap saja belum sempurna. Masih banyak yang harus diperbaiki. Mungkin berlatih membaca buku ishihara, adalah salah satu solusi yang bisa diterapkan juga. Apalagi dibantu dengan konsumsi vitamin retina. Pasti akan lebih bagus hasilnya. Kami sarankan agar kalian mencari penyedia buku ishihara asli dan mencari orang yang menjual vitamin retina agar bisa menuatkan syaraf mata secara alami”

Sebagai informasi, Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk pengidap buta warna yang cukup banyakl. Rinciannya 0,7 persen dari warga Indonesia jenisnya buta warnanya adalah trikromasi (warna merah dan hijau). Sedangkan buta warna itu sendiri memiliki 3 jenis yaitu trikromasi, dikromasi (buta warna biru), dan monokromasi (Buta warna total).

terapi buta warna

terapi buta warna 2

PESAN SEKARANG Di 0812 1646 239 / 0878 553 555 10

CV. Fitrah Cemerlang

 

Incoming search terms:

  • jurusan kuliah untuk buta warna
  • lensa buta warna
  • jurusan untuk buta warna parsial
  • lensa kontak buta warna
  • softlens buta warna
  • jual kacamata buta warna
  • lensa mata
  • harga lensa buta warna
  • softlens untuk penderita buta warna
  • kacamata buta warna parsial
tags: , ,